Mengenal Penggunaan Bahan Tambahan Pangan

 

AGROINDUSTRI.IDBahan tambahan pangan (BTP) adalah suatu bahan yang sengaja ditambakan pada proses pembuatan atau pengolahan makanan untuk memperbaiki rasa, tekstur, bentuk, dan lain-lain. Penambahan bahan tambahan makanan tersebut biasanya ada batasannya, karena apabila kelebihan dapat menyebabkan hal berbahaya bagi yang mengonsumsinya.
Bahan tambahan pangan atau BTP secara umum adalah bahan yang biasanya tidak digunakan sebagai makanan, dan biasanya bukan merupakan komponen khas makanan. BTP mempunyai atau tidak mempunyai nilai gizi yang dengan sengaja ditambahkan kedalam makanan untuk maksud teknologi pada pembuatan, pengolahan penyiapan, perlakuan, pengepakan, pengemasan, dan penyimpanan.

Bahan tambahan pangan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu bahan yang diijinkan dan tidak diijinkan. Jika ada bahan tambahan yang diinjinkan pastinya selalu ada batasan takaran yang digunakan atau ambang batas penggunaan bahan tambahan pangan.

Semua hal tersebut sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Rapublik Indonesia tentang bahan tambahan pangan. Dalam peraturan tersebut semuanya sudah tertera jelasa mulai dari bahan yang diinjikan hingga fungsi bahan tambahan tersebut.

Baca selengkapnya:

http://www.agroindustri.id/2016/10/fungsi-penggunaan-bahan-tambahan-pangan.html

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *