Inovasi Terbaru Dalam Budidaya Pertanian Dan Peternakan Di Indonesia

Budidaya pertanian menjadi salah satu bidang yang cukup penting di Indonesia. Mengingat sumber dayanya yang begitu besar, sehingga sangat sayang untuk tidak diperhatikan dengan baik. Saat ini pertanian ataupun peternakan tak hanya bisa menggunakan cara lama saja untuk memaksimalkan sumber daya yang ada, dibutuhkan teknologi dan inovasi baru yang dapat membuat bidang pertanian dan pertenakan di Indonesia semakin maju. Di jaman seperti saat ini perkembangan teknologi semakin maju yang memungkinkan bagi siapapun dapat memanfaatkan teknologi tersebut, bahkan termasuk petani dan peternak di Indonesia. Dan kini ada banyak inovasi dan teknologi terbaru dalam bidang pertenakan dan pertanian di Indonesia.

  1. CI-Agricuture / HARA

CI-Agricuture atau yang kini dikenal sebagai HARA merupakan platform yang dikelola Mediatrac, sebuah perusahaan bid data analisis yang cukup terkemuka di Indonesia. platform ini hadir memberikan solusi kepada petani dengan menawarkan sistem manajemen yang berbasis sensor tanah, analis cuaca, citra satelit, dan drone yang dapat membantu permasalahan dalam bidang pertanian, mulai dari mengolah lahan hingga penjualan. Ada 3 produk utama yang diunggulkan dalam teknologi ini yaitu:

 

  • Agritack: sistem informasi yang digunakan untuk supply chain komidi pertanian. Menghubungkan antara petani, distributor pasar, hingga pembeli akhir. Setiap titik dibekali aplikasi mobile yang dapat memantau serta melaporkan informasi mengenai permintaan, ketersediaan, serta permasalhan lainnya di lapangan.
  • Crop Insurance: sistem yang memberikan saran mengenai model asuransi yang cocok antara lembaga asuransi dengan petani
  • Crop Accurate, sistem pemandu kegiatan untuk bertan, mulai dari penanaman benih, pemberian pupuk, dan penggunaan obat yang menggunakan bantuan remote sending dan drone.

 

  1. Jala

Platform yang dikembangkan PT Atnic Ekotekno Wicaksana ini mengembangkan sensor yang dapat memantau dan memberikan rekomendasi kepada para penambak udang. Dan diharapkan para petani tambak bisa memaksimalkan panen udang dengan baik. nantinya data yang diberikan bisa diakses dengan mudah melalui internet maupun SMS.

 

  1. Habibi Garden

Platform yang bergerak di bidang pertanian dan perkebunan ini akan membantu petani untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman dengan menggunakan teknologi yang dapat memantau serta menjaga kondisi tanaman dan dilakukan secara otomatis. Melalui sensor yang ada, Habibi garden akan mengumpulkan data mengenai temperature, kelembapan udara, intensitas cahaya, kadar air yang ada dalam tanah, hingga nutrisi yang terdapat di dalam tanah. Sangat lengkap bukan?

 

  1. E-Fishery

Aplikasi buatan anak bangsa ini diperuntukkan agar dapat memberi makan kepada ikan yang dilakukan secara otomatis, terjadwal, serta sesuai dengan takarannya. Dalam usaha budidaya ikan, pakan ikan merupakan biaya yang cukup banyak dikeluarkan oleh pemilik kolam. Bahkan dapat mencapai 60-70% dari total biaya produksi. Meskipun demikian, pemberian makan ikan yang masih menggunakan cara tradisional seperti menggunakan tangan dirasa kurang efisien. Karena itulah penting untuk memberikan pakan dengan dosis serta jadwal yang tepat. Dan ini semuanya bisa dilakukan oleh e-Fishery dan telah terbukti bisa menurunkan jumlah pakan ikan yang dibutuhkan dalam menghasilkan 1 kilogram daging atau yang dikenal sebagai Food Convertion Ratio. Dapat dikatakan jika penggunaan pakan akan jaug lebih efisien. Apalagi hal ini bisa dilakukan dengan mudah melalui ponsel android, sehingga pengguna bisa mengatur frekuensi serta jadwal memberikan pakan sesuai takarannya.

Tak hanya menerapkan teknologi dan inovasi terbaru saja, penting pula bagi para petani maupun peternak untuk terus membaca portal berita pertanian dan pertenakan untuk mendapatkan info update terbaru mengenai inovasi-inovasi baru dalam bidang pertanian dan peternakan. Nah, jika Anda ingin mendapatkan berita pertanian yang up to date dan terpercaya salah satunya bisa melalui portal berita pertanian berikut ini: gemahripah.co

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *